SD

WhatsApp Image 2018-11-07 at 15.28.45

“Tribe Exhibition Pulau Besar di Indonesia” Grade 5 SD Al-Fath BSD

Informatif dan atraktif. Demikian pujian yang pantas disematkan pada “Tribe Exhibition Pulau Besar di Indonesia” yang diadakan pada hari Rabu, 7 November 2018. Acara yang bertujuan mengupas tentang beragam hal dari pakaian tradisional, makanan, dan alat musik di beberapa pulau besar di Indonesia ini diselenggarakan oleh grade 5 SD Al-Fath
.
Diadakan di lapangan tengah SD Al-Fath BSD dan dibanjiri oleh pengunjung yang terdiri siswa grade 1 sampai grade 6 dan para guru beserta karyawan, pameran ini dibagi menjadi 4 stand, setiap stand dijaga oleh 6 siswa secara bergantian agar setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mempresentasikan tentang pernak pernik dari pulau yang dipamerkan
.
Khazanah budaya pulau Sumatra ditampilkan oleh Kelas 5E. Kuliner khas seperti Kopi Lampung, Bika Ambon yang dibuat di Medan, Pancake Durian Medan, dan Pempek Palembang menjadi daya tariknya. Ada juga Mie Aceh yang sudah terkenal kelezatannya.Tidak hanya makanan, ragam kain tenun pulau ini juga ikut dipajang. Ada Ulos dari Sumatra Utara, Songket Padang dan Palembang yang mempesona dan Tapis dari Lampung. Terlihat juga miniatur Jam Gadang dan Rumah Gadang dari Sumatra Barat
.
Kelas 5R mengeksplorasi Kalimantan, pulau terbesar di Nusantara. Sepasang manekin yang memakai busana adat Kalimantan Selatan menyambut pengunjung, sementara itu di meja tersaji Soto Banjar, kue Amparan Tatak, Tumpi dan Lepet kuliner khas dengan keterangan yang menyertainya, di meja berikutnya dipajang miniatur rumah adat hasil karya siswa dan beberapa senjata tradisional seperti Mandau Suku Dayak dan alat musik Suling Bahalang . Di dinding bagian belakang dibentangkan kain khas Kalimantan dan sebuah Talawang, sejenis alat perisai khas yang dibuat oleh siswa dari kertas. Keterangan singkat mengenai pulau Kalimantan juga tertulis disana.
Keren !
.
Masih ada stand pulau Jawa dan stand pulau Sulawesi yang juga sangat menarik. Kita bahas besok ya !

(Mr.M)

Share:

Leave a Reply